Sabtu, 25 Maret 2017

Pembangunan Sumut Harus Menyentuh Pedesaan

| 1327 Views
id victor simanjuntak
Pembangunan Sumut Harus Menyentuh Pedesaan
Victor Edison Simanjuntak : Perlu Pemimpin Kuat, Berani, Jujur dan Sederhana untuk Melibas Korupsi ()

“Pembangunan di Sumatera Utara, harus menyentuh seluruh pedesaan demi pemerataan ekonomi dan taraf hidup masyarakat pedesaan, yang notabene cukup jauh dari Ibu Kota, Medan, sehingga, kemajuan Sumut dapat dirasakan seluruh masyaraka," kata Junaidi, S.Sos, selaku Ketua Pendawa (Persatuan Pemuda Jawa) Kab. Simalungun, dalam diskusi pembangunan pedesaan, Minggu (02/10) di Pematang Siantar.

Sementara itu, Victor Edison Simanjuntak, salah satu putera Sumut, pemerhati pembangunan pedesaan yang turut hadir mengatakan, “Kemajuan perekonomian di pedesaan sangatlah penting, kesejahteraan desa merupakan penentuan untuk kemajuan suatu Negara. Jika kehidupan perekonomian di desa kuat, maka negara juga akan menjadi kuat, serta jauh dari kerentanan dan kemungkinan kehancuran.”

Victor juga menambahkan, “Pendapatan penduduk dari sektor pertanian, peternakan, perkebunan, dan ekonomi kreatif di desa-desa wilayah Sumatera Utara saat ini sangatlah rendah, yang disebabkan karena panjangnya mata rantai birokrasi perdagangan, sehingga harga beli bahan terhadap petani, peternak, dan lainnya menjadi rendah, yang menyebabkan para petani, peternak, dan lainnya menjadi enggan untuk tetap bergelut di bidang tersebut. Padahal Indonesia, khususnya Sumatera Utara, memiliki Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang luar biasa. Tidak ada satu negara yang bisa menjadi kuat, jika perekonomian masyarakat desanya tidak kuat, jika desa miskin, maka negara tidak akan bisa maju. Ibarat bangunan, desa itu merupakan pondasi, yang menentukan apakah suatu bangunan kuat atau tidak.

Dalam diskusi itu, Victor juga menegaskan, bahwa di setiap pedesaan di wilayah Sumatera Utara, sebaiknya didirikan koperasi-koperasi demi kesejahteraan masyarakat. Dari sektor pertanian, Pemerintah juga harus mendirikan pusat penelitian dan pembibitan, sehingga para petani bisa diberikan bibit yang baik dan pupuk organik, yang kiranya akan memberikan hasil pertanian yang organik juga. Dengan kata lain, negara harus
memberikan pemahaman lebih dalam kepada para petani. Karena ironisnya, banyak petani yang tidak memiliki cukup pengetahuan di bidang pertanian, akibat kurangnya pendidikan.

Kita ingin perekonomian Sumatera Utara semakin maju dan berkembang, dengan memulainya dari pedesaan. Seharusnya Indonesia berhenti mengimport bahan pangan dan sapi dari negara lain. Masyarakat di pedesaan seharusnya bisa menjadi petani dan peternak yang baik.

"Jika masyarakat desa ingin maju dan menjadi sejahtera, maka langkah pertama adalah dengan memberantas korupsi! Keinginan saya adalah untuk memajukan Sumatera Utara, tidak melakukan korupsi, dan juga memberantas tindakan korupsi yang ada. Jika korupsi tidak ada, maka sudah pasti negara akan maju," demikian kata Victor Simanjuntak.

Editor : Akung

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017