Senin, 21 Agustus 2017

Bahaya Mengkonsumsi Sayur Kangkung Berlebihan

| 4362 Views
id sayur kangkung, bahaya sayur kangkung berlebihan
Bahaya Mengkonsumsi Sayur Kangkung Berlebihan
Panen Sayur Kangkung (ANTARA/Jafkhairi)
Medan, 7/10 (antarasumut) - Sayur kangkung adalah salah satu sayuran hijau yang disukai banyak orang Indonesia, baik disajikan dengan ditumis atau hanya direbus plus pakai sambal belacan.

Kangkung termasuk sayuran yang mudah hidup, baik didaerah yang banyak air ataupun yang minim air. Itu dikarenakan kangkung memiliki 2 spesies yaitu, kangkung darat dan kangkung air.

Kandungan nutrisi pada sayur kangkung adalah Lemak 0,2 g, Natrium 113 mg, Kalium 3 mg, Karbohidrat 3,1 gr, Serat pangan 2.3 gr, Fosfor 29.00 mg Protein 2,6 gr, Vitamin A 63 mg. Vitamin C 55 mg, Vitamin D 77 mg, Vitamin B6 0,1 mg Zat besi 1,7 mg dan Magnesium 10,373 mg.


Walaupun begitu, mengkonsumsi terlalu banyak kangkung secara berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh kita. Berikut kami sajikan beberapa bahaya mengkonsumsi sayur kangkung berlebihan.

1. Penyakit Asam Urat.

Kangkung sangat berbahaya bagi para penderita asam urat, baik yang sedang dalam proses penyembuhan ataupun yang sedang mengalami sakit asam urat. Zat purin yang terdapat dalam kangkung dapat menyebabkan asam urat kambuh , sendi nyeri dan bisa mengalami pembengkakan.

2. Mengantuk.

Mitos yang mengatakan kangkung dapat membuat seseorang mengantuk itu benar adanya. Hal ini disebabkan kangkung memiliki zat kalium yang cukup tinggi yang mampu mempengaruhi saraf saraf bagian kepala.

3. Alergi.

Beberapa kasus menemukan sayur kangkung bisa menyebabkan alergi. Walaupun tidak pada semua orang tetapi beberapa orang mengalami alergi gatal gatal, ruam merah ataupun pusing sementara usai memakan kangkung. Penyebab alergi ini adalah zat magnesium yang terkandung didalam kangkung.

4. Gangguan Pencernaan.

Mengkonsumsi kangkung tanpa nasi dalam kadar yang berlebihan dapat mengganggu jaringan usus dan sekitarnya. Kangkung memiliki kandungan gas dan zat purin yang dapat menyebabkan sistem pencernaan menjadi iritasi.

5. Tidak baik untuk anak dibawah usia 5 tahun.

Struktur sayur kangkung yang tidak mudah hancur ketika dikunyah ternyata berbahaya bagi sistem pencernaan anak dibawah usia 5 tahun. Sebaiknya kangkung diberikan kepada anak yang sudah berusia diatas 5 tahun, karena pada saat itulah kondisi pencernaan anak sudah bagus.

Editor : Fai

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017