Rabu, 18 Oktober 2017

Bank SUmut Promosikan UMKM ke Malaysia

| 837 Views
id umkm, bank sumut
Medan, 13/3 (Antara) - Bank Sumut mempromosikan produk UMKM binaannya hingga ke luar negeri seperti Malaysia sebagai bukti komitmen dukungan terhadap usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM.

" Bank Sumut membawa UMKM dan produknya untuk mengikuti 8th Penang International.Halal Expo and Conference di Penang, Malaysia 24-26 Februari 2017," kata Direktur Pemasaran Bank Sumut, Ester Junita Ginting di Medan, Senin.

Keikutsertaan UMKM binaan Bank Sumut itu untuk memperkuat delegasi dari Pemprov Sunut.di Halal Expo ke-8 tahun 2017 yang merupakan kegiatan tahunan yang digelar di Penang, Malaysia itu.

Dari sembilan UMKM delegasi Sumut, lima di antaranya merupakan binaan Sentra UMKM Bank Sumut.

UMKM Binaan Bank Sumut itu terdiri dari dua asal Komunitas UMKM Pembaharuan Sumatera dengan produk Wajik Durian Hafiza, Spy Nuts dan Queen Zee.

Kemudian dua UMKM dari Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumut dengan produk Shakira Ambon, Kripik Bunda, Donita Donat, Mie Sayur, Bubuk Cabe, dan Delima Halua.

Adapun satu UMKM lainnya adalah Serdang Bedagai Sejahtera (Dodol Sejahtera).

Diharapkan keikutsertaan UMKM membuat pengusaha UMKM bisa lebih banyak belajar di tengah tentunya bisa mempromosikan produknya.

"Pameran yang diikuti delapan negara mulai Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam,Jepang, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Korea itu tentunya akan bisa menambah wawasan UMKM binaan Bank Sumut dan secara nenyeluruh delegasi Sumut," katanya.

Pameran itu bisa dijadikan promosi atau membuka akses pasar khususnya untuk ke negara yang ikut berpameran dan bisa saling berbagi ilmu dengan peserta expo.

"Bank Sumut terus menerus melakukan banyak hal untuk mendukung kemajuan UMKM," katanya.

Selain membantu promosi dengan mengikuti berbagai kegiatan di dalam dan luar negeri, manajemen juga melakukan banyak hal.

Bank Sumut misalnya membuat skema kredit Sahabat Insan Pengusaha Pemula (SIPP) dengan bunga sangat rendah atau 6,99 persen per tahun.

Kemudian Kredit Investasi Sumut Sejahtera (KISS), Kredit Perempuan Mandiri dan Suri Tauladan (Permaisuti) yang khusus untuk kaum ibu dan termasuk ikut mengucurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kemudian untuk membantu promosi dan mendongkrak penjualan, Bank Sumut sudah menyiapkan website khusus untuk para debitur mikro.

Website "OLEH OLEH SUMUT.com" untuk keperluan penjualan produk UMKM melalui online.

Website yang berisi tentang semua info barang produksi debitur binaan Bank Sumut itu gratis.

Di website itu juga nantinya akan ada info daerah wisata di Sumut, sesuai masukan dan Gubernur Sumut HT Erry Nuradi .

"Info traveling sesuai saran Gubernur Sumut diharapkan bisa mempromosikan pariwisata dan wisatawan juga menjadi tidak repot kalau perlu oleh-oleh,"katanya.

Ester berharap para pelaku mikro di Sumut memanfaatkan banyak kemudahan yang diberikan Bank Sumut

"Minat pengunjung terhadap popduk yang dibawa delegasi Sumut, menurut Evi Diana HT Erry Nuradi yang isteri Gubernur Sumut sangat tinggi sehingga membanggakan Pemprov Sumut," kata Ester.

Dekranasda Sumut yang dipimpin Hj Evi Diana diakui berperan besar dalam mengangkat produk unggulan UMKM Sumut dan mempromosikannya.

"Menurut peserta, mereka semakin merasa senang karena pihak Konsulat Jenderal RI (KJRI) Pulau Penang memberi dukungan kuat dengan memfasilitasi tiga stan," kata Ester.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017