Selasa, 17 Oktober 2017

Tingkatkan Kompetensi Guru Paud

| 778 Views
id guru, paud, kompetensi, sergai
Seirampah, Sumut, 14/3 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, terus berupaya meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Anak Usia Dini, mengingat pentingnya peranannya dalam mendidik anak usia dini terutama dalam mencetak anak yang berkarakter.

"Itu mengapa kita selalu berusaha mendorong guru PAUD untuk terus meningkatkan kompetensinya melalui berbagai pelatihan. Itu karena peran mereka sangat penting dalam mendidik generasi muda," kata Sekretaris Daerah Serdang Bedagai Hadi Winarno di Seirampah, Selasa.

Hal itu ia sampaikan saat membuka pendidikan dan pelatihan implementasi kurikulum 2013 bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kabupaten Serdang Bedagai.

Ia mengatakan, PAUD merupakan pendidikan yang amat mendasar dan strategis, karena masa usia dini merupakan masa emas sebagai peletak dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Menyadari hal itu, pihaknya berkomitmen dengan upaya-upaya pembangunan pendidikan dan pengasuhan bagi anak usia dini.

"Berbagai program disinergikan untuk hasil yang diharapkan yaitu generasi yang berkualitas, sehat jasmani, cerdas, beriman dan berkpribadian, serta mandiri," katanya.

Menurut dia, berbagai masalah yang dihadapi dalam pemenuhan hak anak dalam pendidikan antara lain minimnya sarana dan prasarana serta jauhnya lokasi belajar yang sudah ada.

Tetapi yang paling utama penyebabnya adalah karena ketidakmampuan orang tua atau keluarga mengakses layanan pendidikan tersebut akibat kondisi sosial ekonomi yang tidak mendukung.

Untuk itu peran ketua Forum PAUD kecamatan sangat penting dalam mendukung program PAUD di kecamatan dan desa.

"Oleh karenanya diimbau kepada para camat selaku dewan pembina terus mengupayakan agar PAUD menjadi perhatian yang sangat penting. Hal ini mengingat masih ada beberapa desa yang belum terpenuhi hak-haknya dalam mengikuti program PAUD," katanya.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017