Sabtu, 21 Oktober 2017

Kades Hanna Berhasil Masukkan PLN

| 940 Views
id labura, pln, kepala desa
Kades Hanna Berhasil Masukkan PLN
. (Antarasumut/Sukardi)
Aekkanopan, 17/3 (Antarasumut) - Sebanyak 15 Kepala Keluarga (KK) di Kampungtempel Dusun I Desa Hanna Kecamatan Kualuhhulu merasa lega. Ini dikarenakan sejak 2016 lalu mereka merasakan nikmatnya penerangan listrik.

Kades Hanna Bambang Desriandi SHI kepada Antarasumut mengatakan, Jumat bahwa dusun itu sudah merasakan manfaat PLN. "Sejak Desa ini berdiri pada 1956 lalu, pada 2016 listrik sudah mauk ke Kampungtempel," katanya.

Selain listrik, dengan dana ADD dan Dana Desa 2016, saat ini jalan menuju Kampungtempel juga sudah lebar. Jika sebelumnya masih berupa jalan tikus, saat ini sudah lebar dan dapat dilalui kenderaan roda empat.

Dikatakannya.dana yang diterima desa itu dimanfaatkan untuk membangun berbagai sarana dan prasarana. Diantaranya membuka dan melakukan pengerasan badan jalan, membuat parit beton, membangun tugu batas duaun serta mrmbuat taman baca masyarakat.

Kemudian, guna memajukan desa, telah dibentuk BUMDes Hanna Sejahtera yang bergerak di sejumlah sektor seperti leveransir, jasa pembayaran rekening dan simpan pinjam untuk ibu-ibu PKK. 

Tahun ini, BUMDes itu berencana memasukkan pengangkutan. "Kenderaannya mungkin disewa. Kalau memang memungkinkan akan kita beli," ujar alumnus IAIN Medan itu.

Selain itu, untuk menggerakkan warga yang sebahagian bekerja di PTPN III Kebun Labuhanaji dan petani, di desa itu juga sudah dibentuk kelompok tani Tunas Mandiri pada 2013 lalu. "Kelomok ini bertujuan memajukan warga Hanna yang jumlah KK-nya 131 KK," jelasnya.

Sebelum mengakhiri keterannya, Bambang menyebutkan seluruh program yang dibuat itu berdasarkan musyawarah mufakat dan didukung warga. "Mudah-mudahan apa yang kita cita-citakan bisa terwujud," katanya mengakhiri.


Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017