Selasa, 27 Juni 2017

Segera Perbaiki Infrastruktur Jalan Sebelum Mudik

| 1088 Views
id ahmadan harahap
Segera Perbaiki Infrastruktur Jalan Sebelum Mudik
. (internet)
Medan, 17/3 (Antara) - Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Sumatera Utara diharapkan segera menyiapkan perbaikan infrastruktur jalan untuk mempermudah arus transportasi masyarakat yang mudik pada Lebaran.

Anggota DPRD Sumut dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ahmadan Harahap kepada Antara di Medan, Jumat, mengatakan, perayaan Lebaran memang masih relatif lama yakni sekitar tiga bulan lagi.

Namun pemerintah daerah perlu melakukan persiapan sejak dini karena pembangunan dan perbaikan jalan tersebut membutuhkan proses, mulai dari penenderan hingga pelaksanaan di lapangan.

Jika tidak dipersiapkan sejak dini, dikhawatirkan proses perbaikan tersebut akan terlambat, baik karena proses administrasi mau pun kendala waktu pelaksanaannya.

Dengan persiapan sejak dini, diharapkan perbaikan infrastruktur jalan tersebut bisa diselesaikan paling lama pertengan bulan suci Ramadhan.

"Memang masih tiga bulan lagi, tetapi bisa saja rentang waktu tiga bulan itu tidak mencukupi," katanya.

Malah, pihaknya berharap pengerjaan dan perbaikan jalan tersebut sudah bisa diselesaikan sebelum bulan suci Ramadhan karena aktivitas masyarakat akan semakin tinggi.

Menurut dia, aktivitas mudik merupakan fenomena umum yang berlangsung setiap tahun dengan banyaknya masyarakat yang pulang kampung atau justru menuju Kota Medan.

Fenomena serupa juga berlangsung di Sumut dengan banyaknya warga asal daerah itu yang mengadu nasib ke daerah lain, baik ke luar negeri, luar provinsi, mau pun ke kota lain di Sumut.

Selain layanan jasa transportasi, faktor yang menjadi sorotan dan kebutuhan masyarakat adalah kualitas infrastruktur jalan sehingga perlu menjadi perhatian serius pemerintah daerah.

Setidaknya, ada dua faktor yang perlu diperhatikan yakni waktu perbaikan dan tingkat kemantapan jalan. Pemprov dan pemkab/pemkot di Sumut harus segera melakukan perbaikan terhadap jalan-jalan yang akan dilalui masyarakat ketika mudik.

Jika tidak segera dikerjakan atau pengerjaannya masih berlangsung ketika mudik sudah berlangsung, dikhawatirkan justru akan menghambat kelancaran arus lalu lintas.

Instansi terakit, baik Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi mau pun Balai Besar Jalan Nasional perlu segera mempersiapkan segala proses untuk perbaikan jalan tersebut.

"Jadi, pengerjaannya harus 'diburu' agar bisa selesai tepat waktu," kata anggota DPRD Sumut asal daerah pemilihan Tapanuli Bagian Selatan itu.

Kemudian, perbaikan jalan tersebut juga harus menghasilkan kualitas yang baik agar menimbulkan kenyamanan dan keselamatan berlalu lintas.

Jika tidak memiliki kualitas baik, dikhawatirkan ruas jalan tersebut mudah rusak sehingga menimbulkan potensi kecelakaan lalu lintas.

Dari data kepolisian selama ini, kerusakan jalan menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Kondisi itu sangat tidak diinginkan, apalagi dengan keseriusan pemerintah untuk membenahi infrastruktur jalan di Tanah Air.

"Kondisi itu harus menjadi perhatian serius agar arus mudik Lebaran semakin lancar dan potensi kecelakaan bisa diminimalisir," ujar Ahmadan Harahap.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017