Kamis, 17 Agustus 2017

Baznas Diminta Inovatif

| 1181 Views
id baznas, deliserdang, bupati
Baznas Diminta Inovatif
. (Antarasumut/jrd/ist)
Lubukpakam, Sumut, 12/4 (Antara) - Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Deliserdang, SUmatera Utara diminta untuk mampu melakukan berbagai inovasi dan terobosan dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat di daerah itu untuk berzakat.

"Serta mampu membangun penguatan sistem dan peningkatan pengelolaan zakat yang berorientasi pada kepentingan umat," kata Bupati Deliserdang Ashari Tambunan di Lubukpakam, Rabu, saat melantik Pimpinan Baznas Deliserdang periode 2017-2022.

Pimpinan  Baznas yang dilantik tersebut yakni Ketua Zulkarnain Nasution, Wakil Ketua Bidang Pengumpulan Irham Dinni Nasution, Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Yusuf Ady MA, Wakil Ketua Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan Surya Putra, serta Wakil Ketua Bidang Administrasi SDM dan Umum Drs H Mujahiduddin.

Ia mengatakan, keberadaan Baznas sebagai lembaga pemerintah nonstruktural di bawah naungan Kementerian Agama , merupakan instrument untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan  masyarakat khususnya umat Islam.

Serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan, apalagi saat ini sudah banyak regulasi yang dikeluarkan pemerintah terkait dengan pengelolaan zakat.

"Kami berharap kedepan pengelolaan zakat di daerah ini dapat lebih tertib, terorganisir dan tepat sasaran. Lakukan terus koordinasi dan sinkroniosasi dengan semua pihak, khususnya Baznas pusat, sehingga keberadaan Baznas benar-benar dirasakan masyarakat manfaatnya," katanya.

Sebelumnya Ketua Baznas Sumut Amansyah Nasution  mengatakan pihaknya berharap pimpinan baznas Deliserdang yang baru dilantik tersebut dapat amanah dalam menjalankan perannya demi kemaslahatan semua umat.  
Ia meyakini potensi di Deliserdang yang cukup besar itu dapat mendukung program Baznas kedepan, apalagi ASN di daerah itu yang beragama Islam mencapai 16 ribu lebih, tentunya sangat potensial dalam mengumpulkan zakat yang besar pula.

"Sehingga Baznas dapat menyalurkannya kembali kepada masyarakat dengan berbagai program sesuai dengan kebutuhan, seperti mensukseskan program Deliserdang Cerdas, membantu pedagang kecil dan lainnya," katanya.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017