Binjai Target PBB Rp9,1 Miliar

| 296 Views
id binjai, pbb, target
Binjai Target PBB Rp9,1 Miliar
. (Antaranews)
Binjai, Sumut, 17/4 (Antara) - Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara, menargetkan pajak bumi bangunan pedesaan dan perkotaan untuk tahun 2017 sebesar Rp9,1 miliar

Hal itu disampaikan Wali kota Binjai Muhammad Idaham di Binjai, Senin, usai meluncurkan program aplikasi e-PBB di Lapangan Merdeka Binjai.

Wali Kota menjelaskan, target pajak bumi bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB-P2) Kota Binjai untuk 2017 itu meningkat sebesar Rp2 miliar dari target tahun 2016.

Pada tahun 2016, target PBB-P2 sebesar Rp7,1 miliar, tetapi mampu terealisasi sebesar Rp7,3 miliar.    

Sesuai dengan visi menjadikan Binjai sebagai kota cerdas, Pemkot Binjai akan terus memunculkan aplikasi baru untuk memberikan pelayanan publik yang lebih mudah dan transparan.

"Bahkan saat ini Binjai dipilih oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Utara sebagai pilot project e-Audit yaitu pemeriksaan yang dilakukan secara real time dan terhubung langsung dengan BPK pusat melalui 'Binjai Command Center', katanya.  

Untuk itu, Pemkot Binjai terus  berinovasi untuk mewujudkan "Binjai Smart City" dan memberikan pelayanan yang lebih mudah dan transparan kepada masyarakat, bekerja sama dengan Bank Sumut dengan meluncurkan aplikasi e-PBB.  

"Dengan adanya e-PBB wajib pajak bisa melihat tagihan dan status pembayaran pajak bumi dan bangunan sektor pedesaan dan perkotaan (PBB-P2) secara langsung dan online melalui smartphone," katanya.

Aplikasi itu untuk memberikan kemudahan bagi para wajib pajak dalam mendapatkan informasi seputar PBB, misalnya tentang jumlah PBB yang harus dibayarkan dan tanggal jatuh tempo.

Aplikasi e-PBB hanya memuat informasi tentang PBB-P2, sedangkan untuk pembayaran pajak harus dilakukan langsung di Bank Sumut.

"Inovasi akan terus dilakukan agar masyarakat mendapatkan kemudahan untuk cara pembayaran," ucapnya.

Kedepan aplikasi ini akan terus dikembangkan sehingga para wajib pajak dapat melakukan pembayaran melalui ATM, internet banking, mobile banking dan gerai-gerai minimarket.

Muhammad Idaham mengharapkan dengan adanya aplikasi e-PBB dan kemudahan pembayaran akan semakin meningkatkan pencapaian realisasi dari target yang telah ditetapkan.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017