Senin, 26 Juni 2017

Kartini Berikan Kesadaran Perempuan Mengecap Pendidikan

| 854 Views
id berita langkat, kabupaten langkat, antarasumut
Kartini Berikan Kesadaran Perempuan Mengecap Pendidikan
Raden Ajeng Kartini (wikipedia)
Langkat, Sumut, 19/4 (Antarasumut) - Raden Ajeng Kartini merupakan sosok perempuan yang terkenal karena gagasan dan pemikiran besarnya yang memberikan kesadaran kepada kaumnya untuk mengecap dunia pendidikan sehingga turut andil dalam berbagai profesi termasuk bidang pemerintahan.

Hal itu disampaikan Asisten Ekonomi Pembangunan Sosial Pemerintahan Langkat Hermansyah di Stabat, Selasa kemarin, pada peringatan Hari Kartini ke-138.

Hermansyah mengatakan, peringatan itu adalah momentum untuk mengenang sosok Kartini seorang pejuang perempuan yang terkenal karena gagasan dan pemikiran besarnya. Raden Ajeng Kartini adalah sosok pejuang yang jiwanya sangat dekat dengan rakyat dan bangsa, khususnya kaum perempuan.

Perjuangannya yang paling dikenal adalah dalam memberikan kesadaran kepada kaum perempuan untuk mengecap dunia pendidikan yang pada saat ini hasil pemikirannya telah membuat perempuan.

"Berbagai prestasi telah dihasilkan kaum perempuan di bidang pemerintahan, baik dari segi kepemimpinan maupun program kerja dan semua itu tidak terlepas dari pemikiran Kartini," katanya.

Oleh karena itu diharapkan tokoh emansipasi wanita tersebut dapat terus menjadi inspirator bagi seluruh perempuan di Indonesia sehingga tumbuh menjadi perempuan yang kreatif dan inovatif sesuai harapannya.

Ketua PKK Langkat Hajjah Nuraida menyebut perjuangan Kartini telah menjadi inspirasi bagi seluruh perempuan di Indonesia.

"Berkat pemikiran dan gagasan beliau, perempuan di Indonesia tumbuh menjadi generasi yang cerdas, kuat dan kreatif," katanya.

Nuraida menambahkan, untuk memberhasilkan keluarga, dibutuhkan perempuan yang cerdas, memiliki wawasan luas, dan mempunyai ilmu pengetahuan agama yang dapat diajarkan oleh putera-puterinya.

Oleh karena itu warisan pemikiran Kartini akan terus diperingati agar momentum perjuangannnya dapat selalu diingat oleh seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Langkat.

Editor : Akung

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017