Penas Aceh: Sumut Tampilkan Kopi dan Salak Tapsel

| 381 Views
id penas aceh
Penas Aceh: Sumut Tampilkan Kopi dan Salak Tapsel
Ilustrasi Kopi Sipirok Peaberry (Seratus persen Arabica Coffe) Produksi UD.Angkola Kopi Sipirok (AKS) yang banyak diminati importir kopi dalam dan luar negeri saat ini (antarasumut/kodir)
Sipirok,19/4(Antarasumut)-Provinsi Sumatera Utara akan menampilkan beberapa komoditi unggulan Tapanuli Selatan di Pekan Nasional (Penas) Petani dan Nelayan XV 2017 pada 6-11 Mei mendatang di Kota Banda Aceh Provinsi Aceh.

Dalam penjelasannya kepada Antara di Sipirok, Rabu, Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Tapanuli Selatan, Juang Pakpahan mengatakan buah salak dan kopi Sipirok diantaranya yang akan dipamerkan stand Provinsi Sumut di Penas XV.

Menurut dia produksi salak Tapanuli Selatan yang ditampilkan mulai dari buah sampai produksi turunanya seperti sudah menjadi produksi sirup, dodol, kripik salak dan lainnya.

"Demikian dengan kopi Sipirok akan ditampilkan mulai dari gabah kopi, menjadi biji kopi kering dan cara pengolahannya hingga menjadi bubuk kopi yang sudah mendunia itu akan dipamerkan,"katanya.

Kemudian dua pasangan muda mudi lengkap berpakaian adat Tapanuli Selatan sudah dipersiapkan nantinya pabila menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo meninjau Stand Pemprovsu.

Ia mengatakan Penas XV mengambil tema"Melalui Penas Petani dan Nelayan XV 2017 kita mantapkan kelembagaan tani nelayan dan petani hutan sebagai mitra kerja pemerintah dalam rangka kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan menuju kesejahteraan petani nelayan Indonesia".

Baca: Bupati Tapsel Hadiri Penas Aceh

Menurut dia kegiatan Penas sangat urgen dalam rangka kegiatan menggali ilmu untuk belajar mengajar dan saling tukas informasi demi pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama antar petani, nelayan, penyuluh, pemerintah serta stakeholder lainnya.

"Dari kegiatan tersebut diharap pertanian khususnya di Tapanuli Selatan dapat semakin tumbuh dan semakin meningkat dalam rangka mewujudkan ketahanan serta kedaulatan pangan nasional,"katanya.

Editor : Akung

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017