Lapas Salambue Gelar Khataman Al-Qur'an

| 478 Views
id Peringati, Hut ke-53 Lapas Salambue, Gelar Khataman Al-Qur'an
Lapas Salambue Gelar Khataman Al-Qur'an
Peringati, Hut ke-53 Lapas Salambue, Gelar Khataman Al-Qur'an (antarasumut/Khairul Arief)
kegiatan Gerakan Nusantara Mengaji menjadi kegiatan positif yang yang diinisiatori Muhaimin Iskandar atau Ketua PKB Pusat dan anggota DPR-RI ini mendapat respon Menteri Hukum Dan Ham Republik Indonesia (Menkumham), Yasonna H.Laoly dan memerintahkann
Padangsidimpuan, 20/4 (Antarasumut)- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pemasyarakatan ke-53 Lapas Kelas I Salambue, menggelar kegiatan Khataman Al-Qur'an yang melibatkan warga binaan dan santri dari pesantren, Kamis.

"Khataman Al-Qur'an di ikuti sedikitnya 156 peserta dan 30 orang lainnya Santri dari Pesantren Al-Anshor, Manunggang, Kecamatan P.Sidimpuan Tenggara," kata Kepala Pengamanan Lapas (KPLP) Kelas I Salambue, Marahatoguan Harahap.

Diakui selama ini Lapas Salambue audah membangun kerjasama dengan kemenang setiap dua kali seminggu warga binaan dilapas ini mendapat pembinaa rohani melalui pengajian. 

Dengan siraman rohani yang diberikan kita berharap warga binaan lapas bisa kembali kepada masyarakat dengan baik, ujarnya.

Sementara itu Wakil Walikota Padangsidimpuan, H.M. Isnandar Nasution, mengatakan kegiatan Gerakan Nusantara Mengaji menjadi kegiatan positif yang yang diinisiatori Muhaimin Iskandar atau Ketua PKB Pusat dan anggota DPR-RI ini mendapat respon Menteri Hukum Dan Ham Republik Indonesia (Menkumham), Yasonna H.Laoly dan memerintahkannya untuk melaksanakan kegiatan ini di seluruh lapas se-Indonesia.

Kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan ini mendapat sambutan positif dari warga binaan dan santri pesantren, kata Isnandar. Dia berharap tidak hanya sebatas seremoni belaka tapi ada penghayatan kecintaan kepada Al-Qur'an dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Dengan selalu berdoa dan terus meningkatkan kualitas ibadah kita kembali menjadi peribadi yang lebih baik dan bermamfaat bagi masyarakat dan pengamalan serta dilaksanakan secara berkelanjutan. Ini sangat bermakna, katanya.

Nusantara mengaji ini berjalan hikmat dan haru seluruh peserta fokus dalam membaca Qur'an hingga hingga menuntaskan 30 zus. Peserta ini dibagi perkelompok setiap kelompok terdiri 4-5 orang. Jumlah kelompoknya ada 30 kelompok. Dan setiap kelompoknya menuntaskan bacaan Qur'an sebanyak satu zus, ujar Isnandar.

Ketua Panitia pelaksana Nusantara Mengaji di Lapas Salambue, Efrida Hutasuhut (Kasi Pembinaan Lapas Salambue), sebelumnya mengucapkan terima kasih kepada para santri dan berharap momentum seperti ini dielarabolasi menjadi kegiatan yang bermamfaat bagi pembinaan ahlak.

Mewakili Kamenag Kota Padangsidimpuan, Salman Siregar cukup mengabresiasi kegiatan ini walaupun setiap dua kali seminggu melakukan pembinaan rohani di lapas. Harapan kita kepada pemerintah adanya peningkatan pasilitas, kegiatan keagamaan ini positif dalam meningkatkan kualiatas keimanan.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017