Senin, 26 Juni 2017

E-Katalog Dorong Trasparansi Keuangan

| 220 Views
id e.katalog, transparasi
Medan, 18/4 (Antara) -Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) - Bhinneka.Com menggelar sosialisasi Belanja Cepat Cara Tepat Melalui E-Katalog LKPP untuk meningkatkan pengetahuan pemerintah daerah tentang manfaat pengadaan barang melalui e-katalog.

"E-katalog menjadi instrumen baru menciptakan pengadaan barang/jasa pemerintah yang terbuka dan efisien. Melalui e-katalog, pembelian barang/jasa bisa dilakukan secara cepat dan mudah,"ujar Kepala LKPP, Agus Prabowo di Medan di Medan, Selasa.

Dia mengatakan itu pada acara sosialisasi e-katalog yang dihadiri berbagai kalangan seperti kepala SKPD, ketua ULP, dan LPSE di Provinsi Sumut.

Menurut Agus, dengan banyaknya pilihan dan fleksibilitas produk di e-katalog, pemerintah dapat memilih dan menentukan pembelian produk sesuai dengan kebutuhannya. 

Semakin memudahkan, apalagi dalam e-katalog, informasi spesifikasi, harga, dan merek terbuka karena dapat diakses oleh semua pihak.

"Informasi harga dan spesifikasi barang/jasa yang terdaftar di e-katalog LKPP bersifat terbuka sehingga masyarakat dapat melihat dan melakukan kontrol,Dengan demikian, pembeli dapat membandingkan harga barang yang sama dari beberapa penyedia," ujar Agus. 

Direktur Corporate Sales Bhinnekacom Heriyadi Janwar menjelaskan, Bhinneka.com sebagai pelopor penyedia barang/jasa secara online telah terverifikasi di LKPP dan turut berperan aktif untuk melakukan sosialisasi pengadaan barang/jasa pemerintah melalui e-katalog. 

Bhinneka.com berkomitmen membantu proses reformasi cara belanja pemerintah termasuk pengadaan badan usaha menjadi lebih akuntabel.

Harga produk yang sudah termasuk pajak bukan saja menjamin akuntabilitas, tetapi menghemat pengeluaran rutin pemerintahan.

"Sebagai online store yang berkecimpung di dunia distribusi dan penjualan barang/jasa secara online dan offline selama 24 tahun, Bhinneka.com berkomitmen memberikan produk, harga, pelayanan dan servis terbaik melalui e-katalog LKPP."katanya.

Pelayanan semakin diyakini bisa dilakukan karena Bhinneka memiliki perwakilan resmi di 32 provinsi di seluruh indonesia.

Hingga saat ini terdapat lebih dari 31.000 produk Bhinneka.com yang tayang di e-katalog LKPP  antara lain komputer (desktop dan notebook),server, office equipment, dan kamera.

Businnes Manager Mhd Zulvi Hadi Matondang menyebutkan, e-katalog LKPP membantu mewujudkan Indonesia yang semakin transparan dan maju. 

Dengan e-katalog dapat mewujudkan efektivitas kinerja dan efisiensi anggaran negara yang dibelanjakan melalui pengadaan barang/jasa. 

Dia menyebutkan, pembelian secara elektronik (ePurchasing) untuk barang/jasa yang ada dalam e-katalog ada diatur pemerintah.

Dalam Pasal 110 ayat (4) Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Kementerian/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah/Institusi (K/L/D/I) wajib melakukan e-Purchasing terhadap Barang/Jasa yang sudah dimuat dalam sistem katalog elektronik sesuai dengan kebutuhan K/L/D/I.

"Bhineka meyakini layanan kepada calon pembeli sangat maksimal karena di setiap provinsi ada petugas yang siap melayani,"katanya.

 Sumut sendiri meski belum maksimal menggunakan e-katalog, tetapi terus meningkat atau sudah di urutan keempat secara nasional.

 Kepala UPT Dinas Kominfo Sumut, H Herman menyebutkan, Pemprov Sumut dengan sosialisasi agar seluruh SKPD dan pejabat terkait dalam pengadaan barang semakin mengetahui jelas tentang e-katalog di tengah upaya Pemprov untuk mewujdukan pemerintahan yang bersih.



Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017