Senin, 23 Oktober 2017

Apresiasi Pesta Budaya Pantai Timur

| 1111 Views
id buday apantai timur
Apresiasi Pesta Budaya Pantai Timur
. (Antarasumut/jrd/ist)
Seirampah, Sumut, 21/7 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, memberikan apresiasi digelarnya Pesta Budaya Pantai Timur karena akan sangat berdampak positif pada upaya-upaya pelestarian nilai-nilai budaya tradisional.

Wakil Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya di Seirampah, Jumat, mengatakan, pihaknya merasa bangga dan terhormat atas dipilihnya Kabupaten "Tanah Bertuah Negeri Beradat" tersebut sebagai tempat perdana digelarnya kegiatan akbar bertajuk Pesta Budaya Pantai Timur itu.

Selain menjadikan budaya Melayu sebagai tuan rumah di daerahnya sendiri, ajang ini juga bermanfaat dalam memperkenalkan budaya Melayu kepada masyarakat luas sekaligus menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Sumut khususnya ke Serdang Bedagai.

Dalam hal mendukung seni dan budaya, kata dia, Pemkab Serdang Bedagai telah melaksanakan beberapa kegiatan seni budaya yang diharapkan dapat bersinergi dengan Pemprov Sumut guna mensukseskan visi Kementrian Pariwisata dalam rangka Sapta Pesona Pariwisata.

"Semoga pesta budaya pantai timur ini dapat sukses berkelanjutan serta membawa nama Kabupaten Serdang bedagai lebih dikenal lewat keunggulan pariwisatanya baik nasional maupun internasional," katanya.

Pesta Budaya Pantai Timur yang digelar sejak 19 hingga 22 Juli tersebut diisi dengan berbagai acara seperti penampilan 500 penari serampang duabelas, lomba tari tradisional, pertandingan bola kaki pantai, serta pertandingan bola voli pantai.

Kemudia lomba layang-layang, lomba tari zapin, lomba foto wisata, color run, festival penyayi Melayu RRI se-Sumatera, hiburan, dan Xtrim Sergai expedition.

Sebelumnya Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi saat membuka acara tersebut mengatakan Pemprov akan menjadikan Pesta Budaya Pantai Timur sebagai salah satu kalender wisata daerah itu.

"Setelah beberapa kegiatan wisata seperti Ramadhan Fair sudah masuk dalam kalender wisata, maka kita berupaya menjadikan Pesta Budaya Pantai Timur sebagai agenda tetap acara pariwisata," katanya.

Ia mengatakan banyaknya kegiatan yang masuk dalam kalander wisata akan semakin membuat Sumut berperan besar dalam membantu pemerintah secara nasiomal untuk mendatangkan tambahan satu juta wisatawan mancanegara (wisman).

Bagi Sumut sendiri, semakin banyak wisman maupun wisatawan nusantara yang datang, maka akan memberi keuntungan besar.

"Banyaknya wisatawan yang datang akan membuat hunian hotel dan restoran meningkat.Kemudian bisnis transportasi dan lainnya juga meningkat," ujarnya. ***4***

(T.KR-JRD/B/T007/T007) 21-07-2017 11:02:58

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017