Senin, 23 Oktober 2017

Wabup Asahan Tutup PSBD

| 812 Views
id Kisaran,Penutupan PSBD, Wabup Asahan Tutup PSBD, Etnis Minang Juara I Penampilan Seni Budaya
Wabup Asahan Tutup PSBD
Kontigen Etnis Minang saat mengikuti kegiatan PSBd Asahan 2017. (antarasumut/indra)
“Mari kita lestraikan melestarikan budaya kita sebagai wujud penghargaan dan kecintaan kita terhadap budaya kearifan lokal,"
Asahan, Sumut, 9/8, (Antarasumut) – Diakhir event Penyelenggaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Asahan, etnis Minang keluar sebagai juara terbaik I dalam kategori penampilan seni budaya.

Selain itu etnis minang juga meraih juara IV penampilan terheboh dalam kegiatan seni yang digelar di lapangan PSBD Sidodadi Kecamatan Kota Kisaran Barat dan secara resmi ditutup oleh Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc

“ Terimakasih seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan etnis minang, khususnya warga minang di Asahan. Basamo mako manjadi,” ucap Ketua BM3 Asahan, Safnil, Rabu usai penutupan PSBD.

Atas penghargaan yang diraih, Safnil berharap pengahrgaan tersebut dapat memberikan motivasi kepada masyarakat minang untuk terus melestarikan adat minang di tengah perantauan sehingga warga minang di bawa bendera BM3 dapat maju dan bersatu.

Safnil  juga menyatakan bahwa masyarakat minang perantaun di Asahan siap mendukung visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan yang religius, sehat, serdas dan mandiri. “ Kami siap dukung pemerintah. Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung,” ucap Safnil.

Sementara itu, Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc mengatakan bahwa pangelaran seni budaya daerah Kabupaten Asahan Tahun 2017, disamping memberikan hiburan kepada masyarakat, penyampaian informasi, pengetahuan serta merupakan perekat masyarakat antara satu etnis dengan etnis lainnya, sehingga memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan menjadi modal dasar pembangunan yang harus kita pertahankan dan kita lanjutkan. 

Seni budaya dari berbagai etnis yang berbeda-beda merupakan potensi kekuatan bangsa untuk menahan dan menghadapi efek negatif globalisasi. Maka dari itu kepada semua etnis diharapkan terus melakukan pembinaan atau pengkaderan bagi generasi muda masing-masing etnis agar mencintai dan melestarikan budayanya.

“Mari kita lestraikan melestarikan budaya kita sebagai wujud penghargaan dan kecintaan kita terhadap budaya kearifan lokal, yang menjadi salah satu poin penting dalam misi pembangunan di Kabupaten Asahan,” ucap Surya.

Adapun juara terbaik II diraih oleh penampilan seni budaya etnis Nias, penampilan seni budaya etnis terbaik III Etnis Pak Pak, penampilan seni budaya etnis terbaik IV Etnis Karo. Sedangkan penampilan terheboh, juara I etnis Tionghua, penampilan terheboh II Etnis Batak Toba, penampilan terheboh III Etnis India, penampilan terheboh IV Etnis Minang.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017