Sabtu, 23 September 2017

Bupati Simalungun Buka Pesta Rondang Bintang 2017

| 980 Views
id Parapat, Dinas Pariwsata, Kabupaten Simalungun, Pesta Rondang Bintang, Pantai Bebas, Kota Parapat, Danau Toba
Bupati Simalungun Buka Pesta Rondang Bintang 2017
Parapat, 18/8 - PUKUL GENDANG. Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Simalungun memukul gendang disaksikan Bupati Simalungun, JR Saragih (kiri) pada pembukaan Pesta Rondang Bintang tahun 2017 di Pantai Bebas Parapat, Jumat. (Foto Antarasumut/Waristo)
     Parapat, 18/8 (Antarasumut) - Bupati Simalungun, JR Saragih secara resmi membuka Pesta Rondang Bintang Ke 32 tahun 2017 yang dipusatkan di Pantai Bebas Parapat, Danau Toba, Jumat.
     Pesta Rondang Bintang itu meliputi olahraga tradisional, tari-tarian hingga musik tradisional ikut diperlombakan serta ditampilkan di acara pesta tahunan 18-20 Agustus 2017.
    Kadis Pariwisata Kabupaten Simalungun, Pahala Sinaga mengatakan, event itu diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan program nilai budaya dan aktualisasi adat daerah, selain itu guna menggali dan melestarikan budaya Simalungun serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Simalungun.
     "Melalui Pesta Rondang Bintang bisa menghidupkan semangat baru dalam mengembangkan serta melestarikan budaya di Simalungun," ujar Pahala.
     Bupati Simalungun berharap Pesta Rondang Bintang ke-32 itu  mampu mendongrak kemampuan masyarakat untuk dapat lebih mengenal budaya di Simalungun secara menyeluruh.
     "Kita harus bangga terhadap budaya, karena melalui budaya bisa diukur semua elemen yang ada di masyarakat sehingga budaya bukan lagi dianggap sebelah mata maupun sebatas seremonial," kata JR Saragih.
     JR Saragih mengajak semuanya untuk melestarikan budaya khususnya buat masyarakat Simalungun, apalagi Indonesia selalu dikenal akan kekayaan budaya.
     "Maka ke depannya kita harus selalu melestarikan budaya sehingga mempunyai rasa pertanggungjawaban agar sama-sama membangun Simalungun melalui Danau Toba dan Pesta Rondang Bintang ini," kata JR Saragih.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017