Kamis, 19 Oktober 2017

Sebagian Besar Produk E-katalog Dilayani "online"

| 315 Views
id Sebagian Besar Produk E-katalog Dilayani "online"
Sebagian Besar Produk E-katalog Dilayani
. (Antarasumut/jrd/ist)
Medan, 10/10 (Antara) - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mengungkapkan dari sekitar 90.000 produk yang sudah masuk dalam e-katalog, sebagian besar atau 48.000-an sudah dilayani oleh perusahaan secara "online".

"Sistem pembelian barang/jasa di e-katalog dengan sistem `online` memang makin dibutuhkan sejalan dengan perkembangan teknologi informasi," kata Kasubdit Pengelolaan E-Katalog LKPP Dwi Satrianto di Medan, Selasa.

Ia mengatakan itu di sela pengenalan/sosialisasi AYOOklik.Com, toko online dengan tagline "Toko Online Paling Indonesia" yang berada di bawah naungan Airmas Group "Your IT and Moble Partner yang merupakan perusahan TI dan mobile yang berdiri pada tahun 2008. Acara ini dihadiri berbagai kalangan

Menurut Dwi, LKPP terus berupaya meningkatkan jumlah perusahaan penyedia barang dan jasa, termasuk produk yang dijual, mengingat kebutuhan pemerintahan untuk menjalankan operasionalnya juga makin banyak.

Pengunaan e-katalog sendiri dimaksudkan bisa menekan angka korupsi melalui pengadaan barang dan jasa karena dengan sistem pembelian yang transparan bisa menekan penyelewengan.

"Meski tetap ada celah kalau pembeli dan penjualnya berniat nakal atau karena spesifikasi barang dalam proses lelang tidak jelas, e-katalog diyakini bisa tetap menekan angka korupsi di bidang pengadaan barang dan jasa itu," katanya.

Agar e-katalog benar-benar bisa memenuhi harapan untuk menekan "kenakakan", diakuinya perlu terus sosialisasi.

"Makin kenal dan memahami apa tujuan dan bagaimana kinerja perusahaan penyedia jasa dan produknya, e-katalog akan makin memudahkan dan mengamankan pemerintahan/pembeli dari berbagai kesulitan dan masalah dalam pengadan barang dan jasa," katanya

CEO Airmas Basuki Surodjo mengatakan bahwa perusahaannya terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan dengan membuat layanan "satu pintu", mulai dari mengantarkan barang yang dibeli hingga melayani saat barang yang dibeli dikomplain serta layanan servis.

Sejak resmi menjadi salah satu penyedia dalam pengadaan barang dan jasa pemerintahan secara "online" melalui Ecataloque LKPP pada tahun 2016, AYOOklik.Com diakuinya makin mendapat kepercayaan.

Apalagi, perusahaan itu menjadi distributor tunggal untuk beberapa merek mobile aksesori, seperti Grifftin.

Didampingi Direktur Airmas Suryono Ken, Direktur Airmas Logikreasi Sinergi Alfin dan General Manager Airmas Logikreasi Lazarus Kusna, Basuki menegaskan bahwa perusahaan itu menjamin penuh produk asli dan berkualitas tinggi.

Untuk makin memudahkan calon pembeli, AYOOklik.com sudah membuka 15 cabang, seperti di Bali, Jawa Timur,, Kepulauan Riau, dan Sumut.

"Sumut dinilai penting karena perkembangannya yang makin pesat dan pemerintahannya berupaya menciptakan pemerintahan yang baik," kata Suryono Ken.

(T.E016/C/D007/D007) 10-10-2017 20:32:12

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017