Kamis, 19 Oktober 2017

Pangonal Ajak Warga Berprilaku Hidup Sehat

| 177 Views
id Pangonal Ajak Warga Berprilaku Hidup Sehat
Pangonal Ajak Warga Berprilaku Hidup Sehat
. (.an)
Rantauprapat, 12/10 (Antarasumut) - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu mengelar acara pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) untuk meningkatkan kesadaran kualitas hidup sehat di daerah.

Kegiatan yang dipusatkan di lapangan perkebunan Sifef Kecamatan Pangkatan, Kamis, dirangkai dengan pameran perlombaan dan kegiatan sosial dihadiri Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi bersama dengan masyarakat berlangsung aman dengan sukses.

Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan kesehatan adalah usaha bersama komponen bangsa untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Perilaku yang sebenarnya sudah ada di masyarakat, akan tetapi perlu semakin luas prakteknya dikalangan keluyarga dan masyarakat.

Berbagai masalah kesehatan ditengarai dari perilaku hidup sehari-hari yang kurang sehat. Perilaku keseharian yang tidak sehat itu, dapat dicegah dengan upaya preventif dan promotif dengan kemandirian keluarga.

"Pendekatan keluarga merupakan cara kerja utama Puskesmas untuk sasaran dan melakukan intervensi pemecahan masalah," katanya.

Selain itu, ujar Pangonal, Germas memiliki beberapa yakni tujuan dari pelayanan kesehatan hingga biaya pelayanan kesehatan.

Gubernur Sumatera Utara Tengku pada kesempatan itu mengatakan, dalam pencanangan Germas diperlukan upaya pendekatan promotif dan preventif yang sangat efektif untuk menjawab berbagai tantangan kesehatan.

Menurutnya, pencegahan penyakit bergantung pada perilaku individu yang didukung dengan kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana, peningkatan pelayanan kesehatan dan sumber daya kesehatan uyang berkualitas serta dukungan regulasi.

Erry menyampaikan, pencanangan Germas harus dimaknai sebagai momen untuk menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat kita semua untuk melayani masyarakat dan memberi makna akan pentingnya kesehatan. 

"Semangat memandirikan dan memberdayakan dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsep pembangunan kesehatan kita," katanya.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017