|Kamis, April 24 2014
Anda Berada Di: Home » Berita Sumut » BI: Pengumuman Calon Direksi Bank Sumut Februari


BI: Pengumuman Calon Direksi Bank Sumut Februari 

Bank Sumut

Medan, 6/2 (ANTARA)-Bank Indonesia mengatakan pengumuman hasil uji kelayakan dan kepatutan calon direksi PT Bank Sumut dipastikan bulan ini atau sebelum Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut guna menghindari isu terkait dengan pemilihan kepala daerah itu.

“BI Medan belum tau hasil ‘fit and proper test’ para calon direksi Bank Sumut itu, tetapi sesuai jadwal harusnya hasilnya pada Februari 2013 ini,”kata Deputi Direktur Divisi Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Sumut-Aceh, Mikael Budisatrio, di Medan, Selasa.

Dia mengatakan itu menjawab pertanyaan wartawan usai Rapat Koordinas KUR BI Wilayah IX, Perbankan Sumut dengan DPD RI.

Mikael Budisatrio menjelaskan bahwa “fit and proper test” sudah dilakukan BI Pusat di Jakarta dan hasilnya menunggu 30 hari setelah hasil wawancara.

“Jadi kalau diihitung, pas lah bulan ini juga diumumkan,”katanya.

Tes para calon direksi Bank Sumut itu dilakukan selama dua hari, 16¿17 Januari 2012.

Pada hari pertama, dilakukan untuk empat calon direksi, termasuk Syafaruddin (almarhum yang meninggal saat tes), kemudian pada hari kedua terhadap Ester Junita Ginting, Regional Corporate Officer untuk Sumatera Bank Danamon.

Mikael menolak mengomentari adanya isu yang menyebutkan empat calon direksi itu sudah dinyatakan lulus oleh BI Pusat.

“Dengar darimana?. Saya atau BI Wilayah IX aja belum tau kog,”katanya.

Dia juga menolak mengomentari bahwa kelulusan keempat calon direksi yang diusulkan pemegang saham pengendali (PSP) merupakan dampak kekosongan direksi Bank Sumut dan ditambah lagi dengan meninggalnya salah satu calon direksi saat pelaksanaan wawancara.

“Wah tau darimana sih, BI Wilayahh IX saja belum tau,”katanya sambil tertawa.

Mikael mengatakan bahwa PSP bisa mengajukan kembali nama calon direksi setelah selesai proses pemilihan direksi dewasa ini.

“Kalau ini sudah selesai, barulah diajukan kembali. Begitu prosesnya,” ujarnya.

Meskipun salah satu calon direksi meninggal, tetap dihitung sebagai calon direksi.

“Kalau BI Pusat sudah memberikan hasil “`fit and proper test” itu ke BI Wilayah IX, pasti segera diumumkan,” katanya.

Seperti diketahui, PSP mengusulkan lima calon direksi PT Bank Sumut masing-masing Rudi Dogar (Dirut), Syahrir Ritonga (Direktur Umum), Esther Ginting (Direktur Pemasaran), Agung Santoso (Direktur Kepatuhan), dan almarhum Syafaruddin yang akan menduduki jabatan Direktur Pengembangan dan Bisnis.

 

Masukkan Komentar