|Senin, April 21 2014
Anda Berada Di: Home » Kabupaten/Kota » Binjai » DPRD Sumut Dukung Pembangunan Pertanian Pemkot Binjai


DPRD Sumut Dukung Pembangunan Pertanian Pemkot Binjai 

Oleh Imam Fauzi

Binjai, 7/12 (Antarasumut) – Komisi D DPRD Provinsi Sumut mendukung program pembangunan sektor pertanian yang dewasa ini giat dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Binjai.

“Program pembangunan sektor pertanian di Binjai perlu terus didukung untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata anggota Komisi D DPRD Sumut, Ristiawati saat melakukan kunjungan kerja ke Binjai, Sabtu.

Terkait dengan hal itu, ia berharap Dinas Pertanian dan Perikanan Provinsi Sumut menambah alokasi anggaran untuk menopang berbagai program pengembanagn sektor pertanian di Kota Binjai.

“Dinas Pertanian dan Perikanan Provinsi Sumut tahun 2014 dapat meningkatkan anggaran BDB (bantuan daerah bawahan) menjadi Rp1 miliar untuk mendukung peningkatan produksi pangan di Binjai,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, rombongan Komisi D DPRD sumut juga mengingatkan instansi terkait di lingkungan Pemkot Binjai agar mengintensifkan persiapan untuk Jaminan Kesehatan Nasional yang berlaku mulai tahun 2014.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Binjai Elyuzar Siregar, mengatakan bahwa kunjungan Komisi D DPRD Sumut ke daerah itu dalam rangka saling tukar informasi mengenai berbagai program pembangunan.

“Kunjungan ini akan bermanfaat untuk bertukar informasi sekaligus diharapkan dapat dijadikan bahan masukan kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebagai pertimbangan untuk memperoleh peningkatan alokasi BDB,” ujarnya.

Dana BDB yang dialokasikan pemprov Sumut ke Binjai selama ini dipergunakan untuk peningkatan kesehatan, pendidikan dan peningkatan pembangunan sarana infrastruktur.

Disebutkannya, Pemkot Binjai melalui instansi terkait menggiatkan program pertanian holtikultura, perikanan darat maupun perikanan air tawar.

Khusus untuk pengembangan pertanian holtikultura, di antaranya jambu air Deli Hijau telah mendapat sertifikat nasional dan menjadi komoditi yang sangat menguntungkan petani dan penangkar benih.

Dalam hal ketersediaan lahan, menurut dia, banyak lahan pertanian di kota itu dewasa ini telah berubah fungsi menjadi lokasi permukiman.(KR-IFZ)

 

Masukkan Komentar