|Jumat, Oktober 24 2014
Anda Berada Di: Home » Berita Sumut » Dua Pasang Calon Perseorangan Lolos Seleksi KPU


Dua Pasang Calon Perseorangan Lolos Seleksi KPU 

Oleh Imam Fauzi

Langkat, Sumut, 1/7 (Antara) – Dua pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan dinyatakan lolos seleksi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, untuk ikut pada Pilkada Langkat 23 Oktober mendatang.

“Ada dua pasang calon perseorangan yang dinyatakan lulus ikut pemilihan kepala daerah Langkat untuk periode 2014-2019,” kata anggota Komisi Pemilihan Umum Langkat Riswan Guci di Stabat, Senin.

Kedua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati dari perseorangan yang lolos itu adalah Yunus Saragih yang berpasangan dengan Syahmadi Fiddin dan Abdul Aziz yang berpasangan dengan Sutiarnoto.

Kedua pasangan calon perseorangan ini dinyatakan lolos setelah melalui verifikasi yang dilakukan PPS, PPK, dan KPU melalui seleksi berkas.

Pada mulanya ada kekurangan dukungan dari pasangan tersebut, namun setelah kedua pasangan itu mengajukan tambahan dukungan maka mereka dinyatakan sah menjadi peserta dan berhak untuk mengikuti proses tahapan lanjutan, yakni pendaftaran calon.

“Pendaftaran untuk calon bupati dan wakil akan dibuka 6-12 Juli mendatang, dari partai politik maupun calon perseorangan,” kata Riswan.

Menurut Riswan, saat ini setidaknya ada tiga calon yang akan bertarung dalam Pilkada Langkat, yakni dua calon perseorangan dan calon petahana Ngogesa Sitepu.

Sementara itu pengamat politik lokal Heri Widiyanto mengungkapkan bahwa kemungkinan Pilkada Langkat akan diikuti lima pasangan calon bupati-wakil bupati yakni Yunus Saragih – Syahmadi Fiddin, Abdul Aziz – Sutiarnoto, Ngogesa Sitepu – Sulistianto, Budiono dan pasangannya, serta H Saleh Bangun dan pasangannya.

Menurut Heri Widiyanto, jika Budiono dan Saleh Bangun bisa tampil sebagai peserta maka Pilkada Langkat akan berlangsung ketat karena calon yang bertarung memiliki basis massa yang berbeda.***1***

Sigit Pinardi
(T.KR-IFZ/B/S. Pinardi /S. Pinardi )

 

Masukkan Komentar