|Selasa, Oktober 21 2014
Anda Berada Di: Home » Berita Sumut » Formulir Hasil Suara Pemilu 2014 lebih Aman


Formulir Hasil Suara Pemilu 2014 lebih Aman 

Oleh Waristo
Pematangsiantar, Sumut, 27/3 (Antara) – Komisioner KPUD Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, mengemukakan formulir penghitungan dan rekapitulasi surat suara hasil pada Pemilu 2014 dinilai lebih aman dari kecurangan.

“Lebih efektif dari Pemilu sebelumnya karena memakai hologram sehingga tidak bisa di fotocopy atau ditiru,” kata Ketua KPUD Pematangsiantar Mangasitua Purba, Kamis.

Selain ada hologram kata Ketua KPUD Pematangsiantar ini, formulir memakai kolom-kolom untuk catatan angka hasil suara dengan membuat tanda silang di kolom yang tidak terpakai.

“Kolom itu di isi angka perolehan suara dan kolom yang tidak terpakai di cross (silang) sehingga petugas tidak bisa menambah atau mengurangi perolehan,” urjar Mangasitua.

Seandainya masih juga ditemukan perbedaan kata Mangasitua, formulir pleno bisa langsung dibuka di panitia kelurahan atau kecamatan, tidak harus menunggu di KPUD kota.

“Kita yakin penghitungan suara perolehan Pemilu tahun 2014 lebih terjamin karena peluang untuk berbuat curang lebih tertutup,” tandas Mangasitua.

Ketua KPUD Pematangsiantar juga mengimbau kepada jajaran penyelenggara pemilihan legislatif di kelurahan dan kecamatan untuk bekerja sesuai ketentuan peraturan.***1***
(T.KR-WRS/C/Suparmono/Suparmono)

 

Menyikapi Tentang Formulir Hasil Suara Pemilu 2014 lebih Aman

  1. Aden siregar

    pileg kota p.siantar memang aman..tetapi money politik terang2an disetiap kelurahan..hati dan pikiran masyarakat sudah diracuni oleh orang2 yg serakah dgn uang dan kekuasaan..mau jadi apa negara kita ini..

Masukkan Komentar